Menu

Apa Yang Dimaksud Dengan Komunikasi Data ?

Apa Yang Dimaksud Dengan Komunikasi Data ?

Yang dimaksud dengan komunikasi data adalah hubungan atau interaksi (pengiriman dan penerimaan) antar device yang terhubung dalam sebuah jaringan. Baik dalam jangkauan jarak dekat dan jangkauan jarak jauh.

Sebelum kita bahas mengenai apa yang dimaksud dengan komunikasi data , kita bahas dulu apa itu yang dimaksud dengan data ? Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia ) yang dimaksud dengan data adalah kebenaran yang benar dan nyata atay keterangan / bahan nyata yang dapat dijadikan dasar kajian.

Pada komunikasi data, data fakta atau bagian dari fakta itu sendiri yang mengandung arti yang dihubungkan dengan kenyataan atau dihubungkan dengan simbol simbol.

Data  dalam komunikasi data dibagi menjadi dua bagian yaitu Data Analog dan Data Digital.

Data Analog :
Data Analog merupakan data yang diperoleh secara continious dalam beberapa interval Contohnya berupa Suara atau video
Data Digital :
Data  Digital merupakan data yang diperoleh dari nilai nilai discreate contohnya yaitu Text.
Pada komunikasi data terdapat 5 komponen penting , yaitu :

Komponen Komunikasi Data


  1. Sumber (Source) , merupakan alat atau komponen yang mengirim data atau informasi yang akan di transmisikan (dikirim). Dapat berupa input device pada komputer. Alat ini dapat mengubah informasi berbentuk,  audio , video, maupun teks menjadi satuan data yang dimengerti oleh sistem komputer
  2. Pengirim (Transmitter), merupakan alat atau komponen yang berfungsi memproses data dari sumber (source) agar dapat disalurkan ke sistem transmisi. Contohnya umumnya adalah sebuah komputer yang dapat mengolah segala bentuk informasi. Dan contoh khususnya adalah sebuah pesawat telepon yang berfungsi mengelola data berupa suara (audio)
  3. Sistem Transmisi, merupakan jalur transmisi tunggal (Single Line Transmision) atau jalur kompleks (Complex Network) yang menghubungkan sistem sumber dan sistem tujuan. Secara fisik sistem transmisi dapat berupa kabel (wired) atau nirkabel (wireless).
  4. Penerima (Receiver), merupakan alat atau komponen yang berfungsi untuk menerima sinyal dari sistem transmisi dan memprosesnya lagi menjadi informasi yang dapat diterima oleh tujuan.
  5. Tujuan (Destination), merupakan penerima informasi.
Jenis Jenis Komunikasi Data :
  1. Melalui alat atau device. berupa kabel (wired) atau nirkabel (wireless). Untuk pembahasan kabel dan nirkabel baca artikel info kribo yang berjudul Macam Macam Kabel Jaringan Komputer .
  2. Melalui Satelit .
Macam Macam Sinyal :
  1. Sinyal Analog, merupakan signal data dalam bentuk gelombang yang kontinyu yang membawa informasi dengan mengubah karakteristik gelombang.
  2. Sinyal Digital, merupakan sinyal dalam bentuk pulsa yang dapat mengalami perubahan tiba tiba. Sinyal digital hanya memiliki besaran 1 dan 0. Penjelasan lebih lengkap tentang sinyal analog dan digial bisa anda baca pada artikel saya yang berjudul Pengertian Sinyal Analog dan Sinyal Digital.
Konfigurasi Jalur Komunikasi :
Konfigurasi jalur komunikasi dapat juga dikatakan sebagai cara untuk menghubungkan satu perangkat atau lebih dalam melakukan komunikasi. Konfigurasi jalur komunikasi dapat dibedakan menjadi :
  1. Titik Ke Titik ( Point To Point ) , merupakan cara untuk menghubungkan secara khusus piranti yang hendak berkomunikasi. Konfigurasi ini banyak digunakan pada transmisi paralel. Contohnya pada 2 perangkat komputer yang terhubung secara paralel untuk saling bertukar file.
  2. Multi Titik ( Multipoint ), merupakan cara untuk menghubungkan banyak perangkat pada sebuah jalur untuk digunakan dalam berkomunikasi . Contohnya pada topologi bus pada jaringan komputer.
Diatas merupakan pengertian dan penjelasan mengenai Komunikasi Data. Pada artikel selanjutnya saya akan membahas lebih dalam mengenai Apa Yang Dimaksud Dengan Sistem Transmisi Pada Komunikasi Data


Latest
Previous
Next Post »

13 comments

Write comments
Unknown
AUTHOR
11 October 2015 at 22:21 delete

sangat bermanfaat nih, thanks ya :)

Reply
avatar
11 October 2015 at 22:41 delete

mas mantap nih ingat jaman dulu ada mata kuliah Komunikasi data nice info ...

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
11 October 2015 at 22:42 delete

Sekarang di SMK jurusan TKJ ( Teknik Komputer Jaringan) juga sudah ada kak.

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
11 October 2015 at 22:42 delete

bermanfaat banget gan..

Reply
avatar
Adya Razan
AUTHOR
12 October 2015 at 00:07 delete

Bermanfaat, jadi nambah ilmu nih

Reply
avatar
Bisnis Online
AUTHOR
12 October 2015 at 00:50 delete

Artikel yang menarik dan mengandung banyak ilmu yang bermanfaat.

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
12 October 2015 at 06:31 delete

nice, sangat membantu nih :)

Reply
avatar
Bill
AUTHOR
12 October 2015 at 08:53 delete

Haduh jadi ingat jaman awal kuliah ngeliat pembahasan begini :D

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
12 October 2015 at 14:59 delete

Sip dilanjut posting beginian, bermanfaat (y)

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
12 October 2015 at 16:13 delete

makasih gan untuk ilmunya

Reply
avatar
12 October 2015 at 16:16 delete

lengkap gan... keep post :))

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
12 October 2015 at 19:33 delete

penjelasan nya detail banget.thx gan

Reply
avatar